Peta Risiko Kerusakan Hutan Terhadap Bencana Tanah Longsor Kabupaten Temanggung (GeoCommons)


View map on GeoCommons

Peta Risiko Kerusakan Hutan Terhadap Bencana Tanah Longsor Kabupaten Temanggung (Google Map)


View risiko in a larger map

Kamis, 14 Februari 2013

Proses Hidrologi



Siklus hidrologi dapat dimulai dari evaporasi air laut. Uap yang dihasilkan dari pemanasan oleh sinar matahari  dibawa oleh udara yang bergerak. Dalam kondisi yang memungkinkan uap tersebut terkondensasi membentuk awan, yang pada akhirnya menghasilkan prespitasi. Prespitasi yang jatuh ke bumi menyebar ke arah yang berbeda-beda dalam berbagai cara. Sebagian besar dari prespitasi tersebut untuk sementara tertahan ditanah dekat tempat air tersebut jatuh, dan akhirnya dikembalikan ke atmosfer oleh evaporasi dan transpirasi oleh tanaman. Sebagian lagi melalui permukaan tanah, menuju sungai, dan lainnya menembus tanah menjadi air tanah (groundwater) dengan proses ilfiltrasi.
Dalam siklus hidrologi, perputaran air tidak selalu merata karena adanya pengaruh meteorologi seperti suhu, tekanan, atmosfer, angin, dan kondisi topografi juga ikut mempengaruhi.


Siklus hidrologi dibagi menjadi 3 (tiga) :
1.  Siklus Pendek /Siklus Kecil
Proses yang terjadi pada siklus pendek yaitu, air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari, kemudian terjadi kondensasi dan pembentukan awan. Sehingga turun hujan di permukaan laut
2.  Siklus Sedang
Pada siklus sedang, air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari, kemudian terjadi kondensasi.  Uap bergerak oleh tiupan angin ke darat sehingga terbentuklah awan dan turun hujan di daratan.  Air mengalir di sungai akan menuju laut kembali.
3.  Siklus Panjang/Siklus Besar
Pada siklus panjang, air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari.
Uap air mengalami sublimasi dan membentuk awan yang mengandung kristal es. Awan bergerak oleh tiupan angin ke darat sehingga membentuk awan. Turun salju dan membentuk gletser.  Gletser mencair membentuk aliran sungai. Air mengalir di sungai menuju darat dan kemudian ke laut.

Keterangan :
1.  Evaporasi merupakan proses penguapan air oleh sinar matahari  sehingga molekul-molekul air  terlepas dan mengenbang sebagai uap air yang tidak terlihat di atmosfer
2.  Transpirasi merupakan proses pengankutan uap air yang dikeluarkan dari daun-daun tanaman
3.   Prespitasi merupakan peristiwa jatuhnya cairan (dapat berbentuk cair atau beku) dari atmosfer  ke permukaan bumi.
4. Infiltrasi merupakan air yang bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah dan batuan menuju muka air tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...