Peta Risiko Kerusakan Hutan Terhadap Bencana Tanah Longsor Kabupaten Temanggung (GeoCommons)


View map on GeoCommons

Peta Risiko Kerusakan Hutan Terhadap Bencana Tanah Longsor Kabupaten Temanggung (Google Map)


View risiko in a larger map

Kamis, 14 Februari 2013

Aplikasi Penginderaan Jauh untuk Pemantauan Tanaman Teh

Penginderaan jauh (Remote Sensing) menawarkan cara yang efisien dan dapat diandalkan dalam pengumpulan informasi yang diperlukan, untuk jenis teh dan areal peta. Penginderaan jauh memberikan informasi struktur tentang kesehatan vegetasi. Reflektan spektrum bidang teh selalu bervariasi sehubungan dengan jenis, fenologi panggung dan kesehatan tanaman dan ini bisa juga dipantau dan diukur dengan menggunakan sensor multispektral. Informasi dari penginderaan jauh data dapat dimasukkan ke Sistem Informasi Geografis (GIS) dan sistem tanam lainnya yang kemudian dapat dikombinasikan dengan data tambahan untuk memberikan informasi mengenai tutupan lahan, kondisi tanaman, manajemen kebun dan lainnya.

       Penilaian kesehatan teh, serta deteksi dini dari infestasi tanaman, sangat penting dalam memastikan produktivitas teh yang baik. Ada kasus dimana pertumbuhan teh bervariasi dari satu tempat ke yang lain. Perbedaan-perbedaan pertumbuhan mungkin karena kekurangan hara tanah dan kondisi stres lainnya. Penginderaan jauh memungkinkan petani untuk mengidentifikasi lokasi kebun yang mengalami kesulitan, sehingga ia dapat menerapkan, misalnya, jenis yang benar dan jumlah pupuk, pestisida atau herbisida. Dengan menggunakan pendekatan ini, petani tidak hanya meningkatkan produktivitas dari tanah, tetapi juga mengurangi biaya-biaya input pertanian dan meminimalkan dampak lingkungan.
Penginderaan jauh memiliki sejumlah atribut yang meminjamkan diri untuk memantau kesehatan tanaman teh. Satu keuntungan dari optik (vir) penginderaan adalah bahwa hal itu dapat melihat melampaui panjang gelombang terlihat ke inframerah, dimana panjang gelombang yang sangat sensitif terhadap tanaman kekuatan serta stres tanaman dan kerusakan tanaman. citra penginderaan jauh juga memberikan gambaran spasial yang dibutuhkan tanah. Kemajuan terbaru dalam komunikasi dan teknologi memungkinkan penanam untuk mengamati bidang gambar dan membuat keputusan yang tepat waktu tentang pengelolaan tanaman. Penginderaan jauh dapat membantu dalam mengidentifikasi tanaman teh dipengaruhi oleh kondisi yang terlalu kering atau basah, dipengaruhi oleh serangga, serangan rumput atau jamur atau kerusakan akibat kondisi iklim dan cuaca. Gambar tidak hanya untuk mendeteksi masalah, tetapi juga untuk memantau keberhasilan pengendalian hama dan penyakit tersebut.
Vegetasi sehat mengandung sejumlah besar klorofil, substansi yang memberikan warna khas kebanyakan vegetasi hijau. Dalam merujuk pada tanaman teh sehat, pantulan di bagian biru dan merah spektrum rendah karena klorofil menyerap energi ini. Sebaliknya, pantulan di daerah spektral hijau dan dekat-inframerah tinggi. Tanaman stress atau rusak mengalami penurunan kandungan klorofil dan perubahan struktur daun internal. Penurunan dalam hasil kandungan klorofil dalam penurunan reflektansi di wilayah hijau dan internal hasil kerusakan daun pada penurunan reflektansi dekat-inframerah. Penurunan ini reflektansi hijau dan inframerah memberikan deteksi dini stres tanaman. Meneliti rasio tercermin inframerah untuk panjang gelombang merah adalah ukuran yang sangat baik kesehatan vegetasi. Ini adalah premis di balik beberapa indeks vegetasi, seperti indeks vegetasi diferensial normalisasi (NDVI). tanaman sehat memiliki nilai NDVI tinggi karena mereka yang tinggi reflektansi cahaya inframerah, dan reflektansi relatif rendah cahaya merah. Fenologi dan kekuatan merupakan faktor utama dalam mempengaruhi NDVI. Pemeriksa variasi dalam pertumbuhan tanaman teh dalam satu bidang mungkin. Daerah tanaman konsisten sehat dan kuat akan muncul seragam cerah. vegetasi Stres akan muncul di antara gelap, cerah sehat areal tanaman. Jika data bergeoreferensi, dan jika penanam memiliki GPS (Global Positioning System) unit, kita dapat menemukan daerah yang tepat dari masalah tersebut dengan sangat cepat, dengan cara mencocokkan koordinat lokasi pada citra.
Mendeteksi kerusakan dan pemantauan kesehatan tanaman teh membutuhkan citra resolusi tinggi dan kemampuan pencitraan multispektral. Salah satu faktor paling penting dalam membuat citra berguna untuk perkebunan adalah waktu untuk mengetahui masalah dengan cepat dari akuisisi data dan informasi distribusi tanaman. Data image yang mencerminkan kondisi tanaman dari dua minggu sebelumnya mungkin tidak membantu manajemen secara real time maupun mitigasi kerusakan. Citra satelit juga diperlukan pada waktu tertentu selama musim pertumbuhan, dan secara sering digunakan untuk pemantauan yang berkesinambungan, sehingga dapat mengantisipasi bahaya kerusakan tanaman secara lebih awal (Early Warning System).

Sumber : http://www.gisdevelopment.net/
 
Komentar :
Penginderaan jauh memang sangat berguna untuk mengumpulkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan tanpa harus datang langsung ke lapangan. Misalnya pada artikel diatas, penginderaan jauh dalam aplikasinya bermanfaat dalam pemantauan tanaman teh. Jika pada citra menggambarkan kondisi yang berbeda, dapat segera dianalisis sehingga penanganan dapat segera dilakukan. Dengan demikian, kerusakan yang dapat menimbulkan kerugian dapat diminimalisir. Selain itu dengan citra penginderaan jauh dapat digunakan juga untuk mendeteksi daerah-daerah dengan kandungan unsur hara yang cocok untuk ditanami teh. Sehingga produktivitas tanaman teh dapat meningkat.
Untuk Indonesia, jika penggunaan citra dalam hal ini dimaksimalkan dan produktivitas teh meningkat sehingga dapat diekspor ke luar negeri maka pendapatan Negara dapat meningkat sehingga keadaan ekonomi Negara dapat membaik. Selain itu jika lahan untuk tanaman teh bertambah, secara otomatis lapangan pekerjaan juga bertambah sehingga pengangguran berkurang. Oleh karena itu, dalam masalah ini penginderaan jauh sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi serta mengantisipasi pertumbuhan tanaman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...